Langsung ke konten utama

pohon aren

pohon aren penghasil ijuk

    Pohon aren sebenar nya tidak hanya menghasil kan ijuk saja, tapi banyak sekali manfaat yang kita dapat dari pohon yang satu ini. dari mulai akar sampai dengan daun bayak sekali manfaat nya. pada umum nya agar kita bisa mendapat manfaaat itu kita harus tahu proses pengolahan nya. proses pengolahan nya itu dibutuh kan tenaga ahli yang berpengalaman dibidang nya, agar mendapat hasil yang sasuai ekspetasi. kita ambil contoh pengambian ijuk dari pohon nya, proses ini bagi orang yang belum terbiasa memanjat pohon ini akan kesulitan sekali untuk mendapat kan nya, karna pohon aren ini ada duri-duri tajam berbentuk lidi warna nya mirip ijuk kalau dalam istilah sunda disebut (harupat). Tidak cuma itu saat kita menguliti ijuk dari batang pohon nya biasanya menggunakan golok,  suka ada debu yang beterbangan yang membuat badan gatal-gatal.

    Proses pengolahan ijuk ini bisa di bilang gampang-gampang susah, harga bahan baku ijuk ini tergantung dari kwalitas ijuk nya dan daerah itu sendiri. karna tiap daerah belum tentu harga bahan baku nya sama. misalkan daerah saya sendiri bahan baku ijuk itu dari mulai harga 3200 sampai dengan harga 5000 itu harga ijuk yang biasa di olah untuk di serit (di sisir), Dari mulai ijuk yang kering, agak basah, sampai yang basah kuyup (kaya nya! ini ijuk udah di setubuhi jadi mandi junub hahaha). untuk proses penyeritan (di sisir) ijuk ini melewati dua kali tahap penyisiran. Berdasarkan pengalaman mimin tahap pertama ijuk disisir untuk di jadikan cemara,ijuk dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menmpel tujuan nya agar saat kita serit (sisir) serat ijuk nya tidak patah dan mudah di tarik sehingga proses penyisiran lebih cepat dan ijuk yang didapat bisa lebih panjang-panjang. di proses ini dari bahan baku ijuk 100 kg akan susut menjadi sekitar 60-70 kg tergantung dari bahan baku yang kita gunakan dan dari kadar air saat proses penyeritan, ini hanya gambaran  perhitungan saja bukan acuan. 

Bahan 100 kg x Rp.4000/kg = Rp. 400.000

jadi cemara 60kg 

biaya penyeritan 60kg x Rp. 3000 = Rp. 180.000

                                    uang makan = Rp. 15.000

                                                total = Rp. 195.000

modal Rp. 400.000 +upah kerja Rp. 195.000 = Rp 595.000

modal ijuk cemara per 1 kg di bulat kan jadi Rp. 10.000/kg

    Itu haya contoh perhitungan ijuk, sekali lagi bukan acuan. Setelah proses pengolahan ijuk cemara ada proses penebuan (tebuan), dalam proses ini bisa di katakan proses pemisahan dan pengelompokan ukuran panjang ijuk, misal grade E  90 cm, grade D antara 60-90 cm, grade C 45-60 cm. Dalam pemisahan nya ada juga yang menghitung ikatan pada ijuk nya, tali tiga, tali empat, tali lima.

                                                          contoh ijuk Grade C tali tiga

    Untuk contoh peroses perhitungan pembuatan ijuk tebuan mimin bisa jelasin di lain waktu dan lain kesempatan karna terlalu panjang hehehe.

    Seiring perkembangan waktu pasokan ijuk mulai berkurang, mungkin banyak pula penyebab nya untuk daerah admin sendiri belum ada yang mencoba membudidaya kan layak nya tumbuhan lain hanya sebatas yang tumbuh liar di kebun atau di ladang penduduk (bukan sengaja menanam nya), Oleh sebab itu harga bahan ijuk untuk di serit berbeda -beda tergantung daerah nya.

    Dan ada juga yang erat kaitan nya dengan aren ini, yang mepunyai rasa manis semanis mimin ngarep,,,,, yaitu gula aren, sama hal nya dengan pengolahan bahan baku ijuk, gula aren juga butuh proses yang jauh lebih rumit dan dibutuhkan ketelitian serta telaten agar mendapat hasil yang maksimal, karna tidah sembarangan untuk mendapatkan gula aren yang berkwalitas, bisa saja nira yang kita sadap tidak bisa di olah jd gula haya jadi cuka, jika ingin mencoba atau hanya sekedar tahu pengolahan nira mimin kenalin sama pakar gula bongas, bpk Jani yang sekaligus paman mimin, yang menurut mimin dialah orang ahli dalam proses ini.

sumber : 
https://scontent.fbdo9-1.fna.fbcdn.net/v/t15.5256-10/c80.0.206.206a/p206x206/83187893_1521036954718593_5739627482139590656_n.jpg?_nc_cat=108&ccb=2&_nc_sid=08638f&_nc_eui2=AeGRXBLaefbmR9V3_IzLCfmSNn_LZgMdy-I2f8tmAx3L4rK1r9GxZy5H5JipBLhIt3e1wJmjEOjzGh5Im9ITbsXA&_nc_ohc=x-69DoaGEhMAX9mc4n4&_nc_ht=scontent.fbdo9-1.fna&oh=23cb6273d3471de69c91a4549bb25bfc&oe=5FB81ED3

    Hanya itu gambaran sedikit pengenalan tentang ijuk yang mimin coba paparkan dan mohon maaf jika ada salah kata mau pun penulisan yang mimin tulis. 


 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

  B-Radio Streaming      Memutarkan lagu lagu terhit dan terbaru di blantika musik indonesia, yang sangat akan digemari oleh kaula muda, dan saat nya bernostalgia lagu pop  era 90 an. disini lah tempat nya dengerin musik non stop, pantengin terus B-Radio bersama aa riza riadi yang stay terus bersama anda, selalu menyajikan berita seputar sukabumi dan sekitar nya. Selalu pantengin terus bersama kami kami ada untuk anda  memeahami ijuk dan sapu ijuk ditemanin dengan lagu lagu pilihan 

MANFA`AT SERTA MULTI GUNA IJUK

Ijuk adalah bahan serat alami yang di dapat dari pohon (enau/aren/nira.).sebuah pohon yang sejenis palm ini mampu menghasilkan beberapa jenis bahan yang sangat berguna  bagi kelangsungan hidup manusia, di antara nya serabut yang berupa serat. yang di sebu t   ijuk . dari ijuk ini dapat di gunakan atau pun di olah sebagai bahan industri dan kontruksi. Untuk bahann industri  ijuk daat di gunakan sebagai bahan dasar sapu ijuk, sikat ijuk, tali ijuk serta bahan pembuat alat alat kebersihan lain nya. Untuk bahan kontruksi ijuk sangat lah bagus untuk bahan atap, resapan air pada kontuksi lapangan,atau pun septic thank,urukan dll.